Senin, 02 Februari 2009

Airlangga Hartarto Sambangi Korban Narkoba

[SUARA KARYA] -Airlangga Hartarto, calon anggota legislatif (Caleg) DPR nomor urut 1 dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat V, yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor, dua hari berturut-turut Sabtu (31/1) dan Minggu (1/2) menyambangi para korban narkoba yang tengah direhabilitasi di Panti Sosial Pamardi Putra Galih Pakuan di kawasan Ciseeng dan menghadiri undangan para kiai, di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupatren Bogor.

Kedatangan Ketua Komisi VII DPR ini ke Panti Sosial Pamardi Putra Galih Pakuan sebenarnya untuk menghadiri acara Wisuda Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKMB) Pelopor Desa yang digelar di panti tersebut.

Dalam dialog dengan para korban, Airlangga meminta agar mereka sekuat tenaga menghilangkan pola hidup yang buruk, akibat ketergantungan oleh barang-barang haram tersebut.

"Karena, hanya dengan keinginan kuat itulah yang bisa membebaskan kalian dari ketergantungan terhadap narkona. Tanpa itu, mustahil program sekeras apa pun, pasti tidak akan berhasil," kata Airlangga.

Airlangga kemudian berharap agar pemerintah secara serius dan terus-menerus membasmi peredaran narkoba. Karena, dampak negatif dari penggunaan narkoba ini sangat luar biasa. "Para pemuda yang sebenarnya masuk dalam kategori produktif, akhirnya menjadi tidak produktif," kata Airlangga kepada wartawan seusai berdialog dengan para korban.


Airlangga juga berharap kepada pemerintah untuk lebih bisa memberikan perhatian terhadap panti-panti rehabilitasi bagi korban narkoba ini. Karena, tutur dia, walau bagaimana pun, para korban narkoba ini adalah generasi muda bangsa Indonesia yang harus diselamatkan masa depannya.


"Seyogianya, anggaran pendidikan tidak hanya khusus ditujukan terhadap pendidikan formal dan informal, tapi juga diberikan untuk pendidikan di panti rehabilitasi para korban narkoba ini. Dengan mengalokasikan juga dana bagi para korban narkoba, diharapkan selepasnya mereka dari panti, bisa memiliki keahlian yang bisa diandalkan untuk pegangan mereka mencari kegiatan yang positif," ucapnya.


Dalam acara Wisuda Pendidian Setara, Airlangga yang didampingi istrinya Yanti Airlangga memberikan langsung ijazah paket A, B dan C kepada 295 siswa lulusan sekolah kesetaraan yang terdiri dari berbagai usia itu.


Dalam kesempatan itu, Airlangga juga berjanji akan membantu para lulusan paket C yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi seperti ITI (Institut Teknologi Indonesia) yang didirikannya di kawasan Parung.


Melanjutkan rangkaian kegiatannya di Kabupaten Jawa Barat itu, pada Minggu (1/2) kemarin Airlangga menghadiri undangan ulama dan masyarakat Kecamatan Caringin untuk berbagi rasa. Dalam pidatonya di hadapan ulama dan masyarakat, Airlangga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor harus terus melakukan perubahan signifikan. "Masyarakat tidak perlu mengeluarkan ongkos produksi yang lebih mahal, apabila jalan raya bagus," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar